KPU MBD Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024

 

Tiakur, Pelopor Wiratama
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar Deklarasi Kampanye Pemilihan Damai Bupati dan Wakil Bupati di halaman ruko Tiakur, Selasa, (24/9/2024). Acara ini menjadi penanda dimulainya masa kampanye yang akan berlangsung hingga 23 November 2024.

Dalam sambutannya, Ketua KPU MBD, Yoma E. D. Naskay, menekankan pentingnya pelaksanaan kampanye yang aman dan damai. Ia mengutip Pasal 67 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, yang mengatur bahwa kampanye dilaksanakan tiga hari setelah penetapan pasangan calon. “Sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2024, masa kampanye dimulai pada 25 September 2024 hingga 23 November 2024,” ujarnya.

Naskay juga menegaskan bahwa deklarasi ini bertujuan untuk memastikan komitmen seluruh pihak yang terlibat, mulai dari pasangan calon, partai politik pengusung, hingga tim kampanye, untuk menjaga perdamaian selama masa kampanye.

“Mari kita jadikan Pilkada serentak ini sebagai perayaan demokrasi yang mengedepankan nilai-nilai persatuan dan persaudaraan di Maluku Barat Daya,” ajaknya.

Dengan deklarasi ini, KPU MBD berharap pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada di Maluku Barat Daya berjalan lancar, aman, dan damai. “Kita punya waktu 63 hari lagi menuju hari pemungutan suara pada 27 November 2024. Saya mengajak kita semua untuk menyatukan visi demi kesuksesan Pilkada ini,” tutup Naskay.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah deklarasi kampanye damai oleh Ketua KPU MBD, diikuti dengan penandatanganan naskah oleh para ketua tim kemenangan pasangan calon. Sebagai simbol persatuan, para calon bupati dan wakil bupati saling mengikat kain tenun khas daerah. Selain itu, KPU juga memberikan cendera mata kepada para pasangan calon.

Deklarasi ini turut dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Ketua Bawaslu MBD Marthinus Kerlely, Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, dan Ketua DPRD MBD Petrus A. Tunai. Jajaran KPU dan Bawaslu, perwakilan aparat keamanan, serta para calon bupati dan wakil bupati juga hadir dalam acara ini. (PW. 19)

Related posts